Minggu, 22 Agustus 2010

Cara Mengorganisir Komputer Kita

Cara Mengorganisir Komputer Kita

Sebelum kita mulai bekerja, apapun bentuk pekerjaan kita, sebaiknya yang sangat perlu kita perhatikan terlebih dahlu adalah peralatan yang akan kita pergunakan. Karena jika peralatan kita tak beres, atau bermasalah, atau acak-cakan, sering akan membuat kita frustasi saat pekerjaan kita nanti sudah menumpuk. Demikian juga untuk melakukan bisnis online, peralatan yang paling uatama adalah komputer, maka itu perhatian kita terhadap komputer mau tidak mau harus kita utamakan.
Nah, perhatian kita terhadap komputer selain mengenai sistim kerjanya jangan sampai ada yangmacet kita juga perlu mengorganisirnya secara baik dengan terencana. Gunanya, agar nanti kita tidak menjadi pusing mencari hal-hal yang sudah pernah kita simpan sebelumnya. Baik file-file yang sudah kita buat, email-email masuk, dan boorkmarks-boorkmaks browser yang kita perlukan.
Sekarang mari kita belajar mengorganisirnya satu persatu.
Mengorganisir File
Tujuan mengorganisir file agar kita tidak kelimpungan saat mencari salah satu file yang kita perlukan, ketika t file-file yang kita buat sudah berada dalam jumlah banyak. Sebagai contoh, pada saat kita login ke salah satu website, seperti Asian Brain IMC misalnya tempat saya belajar internet marketing, terdapat banyak file disana, mulai dari teks biasa, HTML, Word, PDF atau juga file dalam format e-book, video dan audio.
Dengan banyaknya file tersebut maka mengorganisir/mengatur file menjadi hal yang sangat perlu kita lakukan. Dengan file yang lebih teratur akan lebih memudahkan kita untuk mencari, menyimpan maupun memanfaatkannya, sehingga akan menghemat waktu dan meningkatkan efektifitas kerja kita.
1. Ilustrasi mengorganisir File
Berikut ini sajian sebuah ilustrasi pengorganisasian file untuk keperluan Asian Brain IMC.
Ketika saya mulai belajar di Asian Brain IMC, di situ saya banyak mendapatkan materi pelajaran juga tools-tools lainnya, yang memang sebelumnya sudah sudah download dari member area. Baik itu berupa 'file panduan', 'file video', 'file audio', atau tools lainnya.
Untuk memudahkan pengorganisiran file itu, selanjutnya saya mengelompokkan semua file yang berkaitan dengan materi-materi tersebut di dalam satu folder dengan nama "AsianBrain-IMC".
Sebagai langkah awal, saya terlebih dulu membuat sebuah folder dengan nama "AsianBrain-IMC" di folder My Documents saya, caranya sebagai berikut:
• Langkah 1: Saya buka Windows Explorer kemudian saya klik folder My Documents.


• Langkah 2: Saya arahkan mouse ke window yang ada di sebelah kanan.





• Langkah 3: Saya klik tombol kanan mouse pada window tersebut, lalu saya pilih menu "New", lalu saya klik menu "Folder".

• Langkah 4: Kemudian saya beri nama folder baru tersebut dengan nama "AsianBrain-IMC". Hasilnya akan nampak seperti pada gambar di bawah ini:

Kemudian di dalam folder "AsianBrain-IMC" tadi, saya buatlah 3 sub folder baru dengan nama : "IM-Basic", IM-Strategies" dan "Case Studies".
Saya membuat sub folder yang pertama terlebih dahulu yaitu sub folder dengan nama "IM-Basic". Folder ini untuk menyimpan file-file yang berhubungan dengan materi Internet marketing Basic. Caranya sebagai berikut:
• Langkah 1: saya klik folder "AsianBrain-IMC"
• Langkah 2: Saya arahkan mouse pada window sebelah kanan, lalu saya klik tombol kanan mouse, lalu saya pilih menu "New", kemudian klik menu "Folder" dan terakhir beri nama "IM-Basic" pada folder baru tersebut. Prosesnya sama dengan cara pembuatan folder "AsianBrain-IMC" yang sudah diulas di atas.


• Langkah 3: Saya lakukan hal yang sama untuk membuat folder "IM-Strategies" dan "Case Studies". Hingga pada akhirnya akan terbentuk 3 Sub Folder baru di dalam folder "AsianBrain-IMC" seperti yang nampak pada gambar di bawah ini:

Selanjutnya saya juga bisa membuat Sub Folder lainnya di dalam folder "IM-Basic" untuk mengelompokan lagi file-file jenis lain yang masih berhubungan dengan materi Internet marketing basic. Contohnya saya bisa membuat folder "e-book" dan folder "Update" untuk menyimpan file-file ebook Internet marketing basic yang saya download dan file-file update lainnya.
Caranya sebagai berikut:
• Langkah 1: saya klik folder "IM-Basic".
• Langkah 2: Saya arahkan mouse pada window sebelah kanan, lalu saya klik tombol kanan mouse, lalu pilih menu "New", kemudian klik menu "Folder" dan terakhir saya beri nama "e-book" pada folder baru tersebut.
Langkah 3: Saya lakukan hal yang sama untuk membuat folder "Update", hingga pada akhirnya akan terbentuk 2 Sub Folder baru di dalam folder "IM-Basic" seperti yang nampak pada gambar di bawah ini:

Ilustrasi ini untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada saya tentang bagaimana mengatur file kerja saya dengan cara mengelompokan ke dalam folder dan sub folder.

Tentunya saya juga masih bisa membuat Folder atau Sub Folder lainnya sesuai kebutuhan saya.


Mengorganisasikan E-Mail
Organisasi e-mail di Outlook Express
Pada kesempatan ini saya membahas bagaimana cara saya mengorganisir email menggunakan program Outlook Express. Program email ini biasanya sudah terdapat di dalam komputer sebagai program bawaan.
Ketika kita buka program Outlook Express ini , kita akan melihat 5 folder utama, yaitu: Inbox, Outbox, Sent Items, Deleted Items, dan Draft.


Tetapi jika kita akan menjalankan bisnis online, pengelompokan seperti ini belumlah cukup, karena nantinya kita akan banyak menerima dan mengirim e-mail. Untuk itu perlu ditambahkan beberapa folder lainnya.

Sebagai contoh, saya bisa buat folder "Mail Complete" untuk menyimpan email masuk yang sudah saya balas. Lalu saya juga bisa membuat folder "AsianBrain Mail" untuk menyimpan email yang datang dari Asian Brain IMC dan seterusnya.
Contoh Ilustrasinya
Sekarang mari kita coba buat folder "Mail Complete". Caranya sebagai berikut:
• Langkah 1: Saya jalankan program Outlook Express.
• Langkah 2: Saya klik folder "Local Folder", lalu saya klik lagi tombol kanan mouse, lalu saya klik menu "New Folder"

• Langkah 3: Pada kolom "Folder Name" saya masukkan nama folder "Mail Complete". Lalu saya klik tombol OK.


Perhatikan gambar di bawah ini, folder "Mail Complete" kini sudah ada di Local Folders program Outloox Express.




Kemudian saya akan buat folder "AsianBrain Mail" untuk mengelompokkan email-email yang datang dari Asian Brain IMC. Caranya hampir sama dengan pembuatan folder "mail Complete".

Hasilnya akan nampak seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Kemudian saya juga bisa membuat Sub Folder di dalam folder yang sudah ada. Sebagai contoh saya akan membuat sub folder dengan nama "Billing", "Komisi" dan "Update" di dalam folder "AsianBrain Mail". Caranya sebagai berikut:
• Langkah 1: Saya klik folder "AsianBrain Mail", lalu klik tombol kanan mouse, lalu klik menu "New Folder"
Langkah 2: Pada kolom "Folder Name" saya masukan nama folder "Update". Lalu klik tombol OK.

Demikian juga saya lakukan hal yang sama untuk membuat folder "Billing" dan folder "Komisi".

Ok, Mari kita lihat susunan foldernya sekarang:

Di dalam Folder "AsianBrain Mail" kini sudah terbentuk 3 Sub Folder baru dengan nama folder "Billing", "Komisi" dan folder "Update".
OK, selanjutnya saya dapat menambahkan folder dan sub folder sesuai dengan kebutuhan saya.

Jika ada yang mau ikuti seperti yang saya lakukan, silakan mencobanya!

Mengorganisasikan Bookmarks Browser
Saat kita browsing di internet, mungkin kita banyak menemukan situs-situs atau website yang bagus, saking banyaknya jumlah website yang menurut kita bagus, mungkin sudah tidak terhitung lagi jumlahnya, coba bayangkan jika wesbite sebanyak itu harus kita hafal satu persatu alamatnya, wah tentunya hal yang sangat sulit bukan?, apalagi wesbite-website tersebut memiliki nama yang cukup rumit dan panjang.
Nah, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana menyimpan alamat-alamat website tersebut kedalam sebuah bookmarks, so... mungkin ada yang belum tahu apa itu bookmarks, ok bookmarks adalah sebuah fasilitas pada browser untuk menyimpan nama/alamat website yang kita kehendaki, nantinya jika kita ingin mengunjungi website-wesbite yang telah di bookmark, kita tinggal klik menu "bookmarks" yang ada di toolbar browser, jadi kita tidak perlu pusing-pusing lagi menghafal nama-nama website yang begitu banyak.
Browser yang cukup terkenal saat ini diantaranya, Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer (IE), Nah ketiga browser tersebut memiliki nama berbeda untuk mendefiniskan fasilitas bookmarknya, untuk IE dikenal dengan nama "Favorites" untuk Mozilla Firefox dikenal dengan nama "Bookmarks", dan untuk Opera dikenal dengan nama "bookmarks" juga. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mengorganisir bookmarks di browser "Mozilla Firefox", untuk browser-browser lainnya saya tidak jelaskan pada materi ini, karena cara pengorganisirannya sama saja, sehingga nantinya siapa saja bisa mencobanya sendiri.
Jika di komputer kita belum memiliki broweser Mozilla Firefox, silakan didownload di: http://www.mozilla.com/firefox.
Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat bookmarks pada browser :
• Memudahkan kita untuk menyimpan nama/alamat website dalam jumlah banyak.
• Kita dapat mengorganisir dan mengkelompokan alamat-alamat website sesuai dengan tema atau topik tertentu.
• Kita tidak perlu mengingat alamat/nama wesbite secara detail
Ok, itulah beberapa manfaat dari fasilitas bookmarks, sebenarnya masih banyak manfaat lain dari bookmarks, namun saya hanya menyebutkan manfaat-manfaat pentingnya saja.
Membuat dan Mempersiapkan Folder-Folder di Bookmark
Sebagai contoh kita akan membuat beberapa folder yang nantinya akan kita gunakan untuk menyimpan alamat-alamat website yang akan kita bookmarks, misalnya kita akan buat 5 folder, yaitu : Folder Teori Dasar, Cara Promosi, Sumber Penghasilan, Produk Bagus, dan Folder lain-lain.

Berikut langkah-langkah pembuatannya :

Langkah pertama, silahkan buka browser "Mozilla Firefox" .


Tampilan Browser Firefox

Selanjutnya pilih menu "Bookmarks" pada toolbar browser. Setelah itu pilih "Organize Bookmarks"

Selanjutnya, double klik icon tulisan "Bookmarks Toolbar".


Setelah itu kita masuk ke dalam halaman Bookmark Toolbar

Pada halaman Bookmarks Toolbar ini kita akan membuat folder-folder yang nantinya digunakan untuk menyimpan/mem-bookmark website yang kita maksud, caranya : pilih menu "Organize" selanjutnya pilih menu "New Folder".


Setelah itu akan muncul. Kotak dialog "Properties", Pada kotak dialog Properties for "New folder", kita masukkan data yang diminta, pada kolom "Name" kita isi dengan nama folder yang akan kita buat, misalnya Teori Dasar. Selanjutnya pada kolom "description" kita isi dengan deskripsi singkat tentang folder tersebut, Setelah itu Klik 'OK'.

Kotak Dialog Properties for New Folder

Ok, jika sudah berikut hasilnya :



Itulah langkah-langkah cara membuat folder di bookmarks browser kita.

Berikut saya ulangi ilustrasi singkat-nya :
Klik menu "Bookmarks" › pilih "Organize Boomarks" › klik icon tulisan "Bookmarks Toolbar", selanjutnya pilih menu "Organize" lalu pilih menu "New Folder" selanjutnya pada kolom Properties New Folder, kita isi kolom "Name" dengan nama folder yang di kehendaki, misalnya "Teori Dasar". Setelah itu Klik 'OK'.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kita telah berhasil membuat satu folder pada bookmarks browser kita, selanjutnya saya membuat 4 folder lain dengan nama : Cara Promosi, Sumber Penghasilan, Produk Bagus, dan folder lain-lain

Untuk cara pembuatannya kita ikuti kembali langkah diatas.

Jika ke-empat folder tersebut sudah terbuat, maka lihat hasilnya melalui menu "Bookmarks" ›"Organize Bookmarks" › "Bookmarks Toolbar". Berikut gambarannya :

Atau kita bisa melihatnya melalui halaman depan browser kita, berikut ilustrasinya :


Menyimpan Alamat Website Ke Dalam Bookmarks
Setelah tadi kita mempelajari bagaimana cara membuat folder di bookmarks browser, selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana caranya menyimpan alamat website tertentu ke dalam bookmarks browser kita.

Langkah Pertama, buka website yang ingin kita bookmarks, misalnya www.asianbrain.com, setelah itu klik kanan mouse pada halaman websitenya lalu pilih "Bookmark This Page".



Setelah itu akan muncul kotak dialog "Page Bookmarked", pada kolom Name, kita bisa mengisinya dengan nama website, misalnya kita isi : Asian Brain IMC, selanjutnya pada kolom "Folder", kita klik icon tulisan "Bookmarks Toolbar", lalu kita pilih folder yang sesuai dengan tema website tersebut, misalnya kita pilih folder "Teori Dasar".


Selanjutnya kita cek hasil dari langkah diatas, berikut caranya :
• Kembali ke halaman depan browser kita.
• Sorotkan mouse ke folder "Teori Dasar", yang berada di toolbar browser, berikut gambar ilustrasinya :

Latihan : Setelah mengikuti penjelasan diatas bagaimana cara menyimpan alamat website di bookmarks, selanjutnya silakan praktekkan ulang langkah diatas, dengan menyimpan beberapa alamat website lainnya ke dalam bookmarks browser kita, untuk itu silakan bookmarks beberapa alamat website dibawah ini :
• www.google.com/adsense (simpan di folder "Sumber penghasilan")
• www.amazon.com (simpan di folder "Sumber penghasilan")
• www.google.com/adwords (simpan di folder "Cara Promosi").
• www.yahoo.com & www.google.com (simpan di folder "lain-lain).
Silakan tambahkan web-web favorite lainnya ke dalam bookmarks browser yang kita miliki.
Mengakses Halaman Website Melalui Bookmarks Browser
Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa salah satu manfaat dari adanya bookmarks browser adalah, mempermudah kita mengakses/membuka sebuah halaman website tanpa harus kita mengingat dan menuliskan alamat websitenya secara manual.

Untuk itu pada pembahasan ini saya akan jelaskan bagaimana cara mengakses halaman website yang sudah kita simpan pada bookmarks browser, sebagai gambaran kita akan mengakses web Adsense www.google.com/adsense yang ada di folder "Sumber Penghasilan".

Langkah-nya, buka browser Mozilla Firefox-nya, selanjutnya pilih menu "Bookmarks", Sorot folder "Sumber Penghasilan" lalu klik alamat web adsense nya.


Mudah dan cepat kan? untuk lebih melatih, lakukan langkah diatas berulang-ulang, kita bisa mencoba membuka website lainnya yang telah di bookmark.

Ok, Itulah penjelasan mengenai Bookmark, silakan tambahkan alamat-alamat website lainnya pada bookmark Anda, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar